Manfaat Beras Kencur Untuk Kesehatan

Posted by muhamad robi Selasa, 30 September 2014 0 komentar

Manfaat Beras Kencur Untuk Kesehatan


Manfaat Beras Kencur Untuk Kesehatan - Sudah banyak yang tahu khususnya masyarakat etnis Jawa mengenahi fungsi dari obat dalam bentuk minuman tradisional yang terbuat dari beras kencur. Tetapi seiring dengan berkembangya penduduk Suku Jawa yang menyebar atau transmigran ke berbagai pulau di Indonesia atau pelosok nusantara Beras kencur ini tidak asing lagi dan bahkan sudah terkenal khasiatnya sebagai jamu tradisional.

Tetapi yang menjadi masalah adalah ternyata tidak semua orang mau membuat ramuan obat tradisional ini karena sesungguhnya bahan baku beras dan kencur ini sangatlah banyak tersedia di pekarangan rumah.
Jika dilihat dari segi kesehatan ramuan tradisional beras kencur ini tidak mengandung zat kimia dan apalagi pengawet sehingga tidak menyebabkan efek samping bagi orang yang mengkonsumsinya.

Lebih lanjut bahwa beras kencur ini terbuat dari bahan alami yakni beras yang dibersihkan kemudian ditumbuk atau digiling sampai halus, lalu tambahkan dengan kencur secukupnya juga sebelumnya sudah
dihaluskan untuk memberikan rasa yang enak tambahkan sedikit gula jawa atau yang biasa disebut gula merah dan semua bahan ini masukkan dalam wadah yang semuaya dicampur dengan air putih yang telah dimasak masak.
manfaat beras kencur untuk kesehatan

Bisa sebagai referensi untuk anda tentang khasiat dari ramuan obat tradisional beras kencur ini dapat dilihat pada ulasan dibawah ini:


I. Bisa Menyembuhkan Sakit Maag

Jika dilihat dari kandunganya beras kencur ini memiliki kandungan vitamin B yang berguna untuk untuk bisa menyembuhkan sakit maag. Khasiat ini bisa terjadi karena bahan beras kencur mempunyai kemampuan
untuk menebalkan dinding pada lambung dan juga bisa mengantisipasi terjadinya luka pada lambung yang dikarenakan keasaman.

II. Bisa Meningkatkan Nafsu Makan terutama pada anak- anak

Kandungan dari beras kencur ini memiliki khasiat yang bisa menjadikan seseorang yang nafsu makanya hilang akan bisa kembali menjadi bertambah lagi nafsu makannya terutama pada anak- anak.

III. Meringankan Rasa Pegal dan Bisa Meningkatkan Stamina

Beras kencur ini kandunganya juga bisa berfungsi yang baik untuk menjadikan seseorang kembali berstamina dan juga mengurangi pegal dan kecapekan dalam beraktifitas seharian.

Demikian artikel seputar manfaat beras kencur bagi kesehatan,semoga bisa menjadi referensi dan bermanfaat untuk kehidupan anda sehari-hari.

Minum Air Putih Menjadi Tidak Sehat Karena 5 Hal ini

Posted by muhamad robi Kamis, 25 September 2014 0 komentar

Minum Air Putih Menjadi Tidak Sehat Karena 5 Hal ini


Minum air putih itu menyehatkan hampir semua orang tahu itu. Namun bukan berarti anda dapat minum sembarangan air putih karena ternyata ada beberapa hal yang membuat manfaat sehat air putih menjadi hilang.

Dikutip dari Huffington Post, Kamis (17/10/2013), berikut ini lima hal yang sering kita lakukan baik sengaja maupun tidak bisa merusak manfaat sehat dari air putih:


1. Minum Air Terlalu Banyak

Ketika cuaca sedang panas-panasnya seperti sekarang maka cenderung arang minum air sebanyak-banyaknya. Hal ini ternyata tidak baik. Masalah yang ditimbulkan oleh over minum ini disebut hiponatremia. Hal ini bisa menyebabkan  menyebabkan sel-sel membengkak karena kadar natrium dalam tubuh sangat rendah.

Umumnya, pelari maratonlah yang rawann mengalami hiponatremia. Kalau tidak segera dicegah, seseorang bisa mengalami kejang dan koma. Jadi sebaiknya minumlah air secukupnya ketika tubuh kita memerlukannya.

2. Menggunakan Botol Air dari Plastik

Beberapa botol air plastik ternyata terdapat bahan kimia yang umumnya disebut BPA. Menurut penelitian, BPA bisa menimbulkan risiko kesehatan terutama bagi anak-anak dan bayi karena bisa larut di dalam makanan dan minuman. Anda harus mewaspadai hal ini meskipun sudah banyak botol bebas BPA yang beredar dipasaran karena karena bisa saja ada bahan kimia lain yang meresap ke botol saat air terkena sinar matahari, mesin pencuci piring, atau ketika dipanaskan di microwave.

3. Botol Air Minun yang tidak dicuci

Menurut laporan San Francisco Chronicle biasanya orang cenderung menggunakan botol minum yang terbuat dari stainless steel atau plastik yang aman dan bisa digunakan berulang kali. Namun seringkali kebersihan kurang dijaga. Wadah yang dipakai berulang-kali harus sering dicuci karena bakteri senang bersarang di tempat yang hangat dan basah. Caranya mudah, cukup cuci seluruh bagian botol dengan air sabun hangat dan biarkan terbuka sampai kering.

4. Minum Air Langsung dari Keran

Walaupun tidak disengaja, meminum air dari kran saat mandi sering terjadi terutama oleh anak-anak. Jadi sebaiknya kran rutin dibersihkan karena di situlah salah satu tempat utama bakteri di kamar mandi berkembang biak.

5. Kafein

Kafein memang bisa bermanfaat untuk beberapaorang yakni meningkatkan memori dan konsentrasi, namun ketika Anda menambahkannya ke dalam air, itu akan merusak manfaat sehat dari air itu sendiri. Kalau Anda hobi melamun sambil minum kopi yang mengandung kafein bukanya membuat anda tenang tapi justru membuat Anda mudah marah dan tidak bisa tidur.

6. Pemanis buatan dan Bahan Pengawet

Sudah jamak bila dalam air kemasan yang memiliki rasa, pasti ada unsur bahan tambahan, seperti pemanis buatan dan bahan pengawet lainnya. Sedikit banyak bahan tambahan itu berbahaya bagi kesehatan. Jadi minum air putih tentulah yang paling menyehatkan.

Manfaat Alami Jagung Bagi Kesehatan Tubuh

Posted by muhamad robi 0 komentar

Manfaat Alami Jagung Bagi Kesehatan Tubuh


Manusia membutuhkan energi untuk beraktifitas, bekerja dan berfikir setiap hari. maka dari itu mengkonsumsi beberapa makanan yang mempunyai kandungan karbohidrat menjadi solosi yang baik untuk anda. Jagung merupakan salah satu makanan yang memiliki kandungan karbohidrat yang bisa menjadi pengganti beras. selain itu rasanya juga nikmat dan bisa disantap sebagai sayur atau jagung bakar.


Mari kita simak beberapa Manfaat Alami Jagung Bagi Kesehatan Tubuh.:


~ Pencegah Penyakit Diabetes

Biji jagung memiliki kandungan fitokimia yang berfungsi mengatur penyerapan  serta pelepasan hormon insulin di dalam tubuh. inilah yang menobatkan jagung sebagai salah satu makanan yang bergiji tinggi untuk tubuh anda.

~ Menyehatkan Mata/Organ penglihatan

Mengkonsumsi jagung dengan batas normal dapat membantu mencukupi nutrisi pada organ penglihatan anda. di karenakan jagung mengandung sumber beta karoten yang merupakan pembentuk  vitamin A di dalam tubuh anda.

~ Meningkatkan Kesehatan Organ Jantung

Jagung dapat berkhasiat mengontrol kadar kolesterol  di dalam darah serta meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh anda. di karnakan jagung menyimpan nutrisi seperti vitamin C, karotenoid, dan bioflavonoid.

~ Mencegah Gejala Kurang Darah/Anemia

Jagung memiliki kandungan vitamin B serta asam folat yang berfungsi mencegah anemia atau kurang darah. maka jika anda sering mengalami kepala pusing secara terus menerus itu merupakan gejala kurang darah atau anemia.

~ Memperkuat Tulang Dalam Tubuh

Jagung juga dapat menutrisi tulang agar lebih kuat dan tidak mudah rapuh. di karnakan jagung mengandung nutrisi seperti magnesium, besi, tembaga, dan fosfor.

Manfaat Yang Terkandung Dalam Susu

Posted by muhamad robi Senin, 22 September 2014 0 komentar

Manfaat Yang Terkandung Dalam Susu


Selama ini kita meminum susu agar tumbuh sehat dan tinggi, namun bukan itu saja manfaatnya, berikut adaalah manfaat dalam kandungan susu;

> Sebagai nutrisi


Minuman susu ini kaya juga akan kandungan protein, karbohidrat, mineral, vitamin, dan lemak sehingga cukup komplit. Cukup dengan minum susu saja kita sudah mendapatkan asupan karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan banyak mineral penting. Dianjurkan agar anda mengonsumsi minuman susu sebanyak 1 gelas perhari agar bisa mendapatkan manfaat yang maksimal. Dan tubuh lebih kebal terhadap serangan penyakit.

>Menyehatkan kulit.

Bagi anda para wanita yang mau mendapatkan kulit yang halus secara alami, maka anda harus rutin meminum susu segar setiap hari. Selain menghaluskan kulit juga membuatnya lebih bersinar secara alami. Zat besi, tembaga dan vitamin A dalam susu mempunyai fungsi terhadap kecantikan yaitu dapat mempertahankan kulit agar tetap bersinar.

> Mengurangi resiko hipertensi dan juga penyakit jantung.


Karena susu mengandung pottasium yang dapat menggerakkan dinding pembuluh darah pada saat tekanan darah tinggi untuk menjaganya agar tetap stabil, mengurangi bahaya akibat apopleksi, juga dapat mencegah penyakit darah tinggi dan jantung.
   
> Menambah Kekuatan Tulang.
Manfaat minuman susu memang sudah bukan hal yang tabu karena hampir setiap elemen masyarakat sudah mengetahuinya. Salah satu kandungan gizinya adalah mineral kalsium yang dibutuhkan untuk proses pertumbuhan tulang. Sangat baik bagi pertumbuhan tulang untuk bayi dan juga bisa mencegah osteoporosis pada orang dewasa.

> Menetralisir Racun.


Susu dapat menetralisir racun seperti logam, timah dan cadmium dari makanan lain yang di serap oleh tubuh.

> Meningkatkan Penglihatan.

Kandungan vitamin B2 di dalam susu sapi dapat meningkatkan ketajaman penglihatan.

> Cepat menyembukan luka.

Kandungan seng pada susu sapi dapat menyembuhkan luka dengan cepat.
   
>Mendorong gen kegembiraan.

Kandungan tyrosinedalam susu dapat mendorong hormon kegembiraan.

> Membuat tidur nyenyak.

Selain mendorong gen kegembiraan kandungan tyrosine juga membuat kualitas tidur kita menjadi lebih baik.

> Meningkatkan kerja otak besar.

Kandungan yodium, seng dan leticin dapat meningkatkan secara drastis ke-efisien-an kerja otak.

> Mencegah tumor pada sel tubuh.
Kandungan lemak pada susu dapat memperkuat daya tahan fungsi syaraf dan mencegah pertumbuhan tumor pada tubuh.

> Memperkuat Jantung & Syaraf.


Magnesium yang terkandung didalam susu dapat membuat jantung dan sistem syaraf tahan terhadap kelelahan.

Itulah manfaat yng sangat luar biasa bagi kesehatan yang terkandung dalam susu yang kita minum setiap hari.

5 Manfaat Besar Buah Apel Untuk Kesehatan Tubuh

Posted by muhamad robi Jumat, 19 September 2014 0 komentar

5 Manfaat Besar Buah Apel Untuk Kesehatan Tubuh


Siapa yang tak kenal dengan buah Apel ? Buah yang sangat familiar ini bisa kita jumpai, dimanapun kita berada , baik di pasar tradisional, swalayan bahkan supermarket. Buah Apel ternyata mempunyai sangat banyak manfaat mengejutkan untuk kesehatan tubuh kita, buah apel memiliki khasiat untuk mencegah dan mengobati berbagai macm penyakit dalam tubuh dan juga mampu mengganti sel sel jaringan tubuh yang rusak.

Buah Apel atau yang memiliki Nama latin Malus domestica yang mana pada mulanya buah apel ini pada mulanya berasal dari Asia Tengah, namun kini perkembangan buah apel ini sangat pesat sehingga saat ini sudah tersebar merata keseluruh dunia, terutama di Negara-negara yang memilki suhu udara yang dingin.

Apel adalah salah satu Buah Buahan yang selalu di sandingkan di meja makan pada rumah-rumah orang kaya mau pun rumah-rumah orang berada, karena harganya yang lumayan untuk daerah yang tidak bisa di tumbuhi buah apel ini. Buah apel memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan, sehingga pada kesempatan kali ini saya mencoba untuk berbagi kepada teman-teman mengenai manfaat buah apel untuk Kesehatan Tubuh Manusia.

 Berikut 5 manfaat buah apel untuk kesehatan tubuh diantaranya :


    > Meningkatkan kesehatan kulit
    Kulit merupakan salah satu organ kecantikan bagi tubuh terutama bagi sobat wanita sehingga harus dijaga kesehatannya, buah apel mempunyai kandungan nutrisi yang sangat baik untuk kulit kita jika dikonsumsi secara rutin. Selain dikonsumsi untuk dimakan , buah apel juga sering dimanfaatkan untuk menghilangkan noda bekas jerawat sehingga penampilan kulit tidak saja terpancar dari dalam tetapi juga terlihat sehat dari luar dan kulit menjadi bersih dan sehat.

    > Menurunkan berat badan atau membantu diet

    Seseorang yang melakukan program diet membutuhkan banyak makanan yang mengandung serat yang tinggi terutama pada buah dan sayuran, contohnya buah Apel. Buah Apel mampu merespon lambung untuk membuat cepat kenyang karena serat yang terkandung didalamnya sangat tinggi

    > Menurunkan Kolesterol

    Buah Apel juga bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat, dengan mengkonsumsi 1 buah apel setiap hari dapat mengurangi asupan kalori sebanyak 15%. Karena buah apel berserat tinggi yang mampu mengikat lemak atau kolesterol jahat dalam tubuh yang kemudian akan dibuang oleh tubuh.

    > Menetralisir kadar gula darah

    Penyakit Gula atau dikenal dengan Diabetes Melitus, penyakit ini sangat menghantui atau menjadi momok untuk semua orang terutama sekali bagi mereka yang sudah mempunyai keturunan terkena penyakit diabetes ini. Buah apel meski rasanya manis tetapi mampu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh kita secara efektif. Seperti halnya yang terkandung dalam madu.

    > Mencegah penyakit stroke

    karena menurut hasil penelitian di Belanda yang diterbitkan oleh Journal of American Heart Association menemukan fakta yang cukup menarik bahwa buah dengan daging putih dimaksud diantaranya Apel akan mengurangi resiko dari penyakit stroke, buah dengan daging putih disini mencerminkan adanya senyawa Phytochemical yang memiliki manfaat seperti Karotenoid ( warna merah, kuning & orange pada buah dan sayur ) dan Flavanoid dimana keduanya berfungsi sebagai antioksidan. Dengan mengkonsumsi minimal 1 buah apel rutin setiap hari seperti ditegaskan oleh Linda M Oude Griep, M.Sc dari Wageningen University dapat menghindarkan kita dari penyakit Stroke.

Demikian beberapa rangkuman dari 5 manfaat buah apel untuk kesehatan tubuh yang bisa di post di artikel ini, semoga bermanfaat untuk kesehatan tubuh anda nantinya. Mari tingkatkan hidup sehat dengan mengkonsumsi minimal 1 buah apel setiap hari.silahkan anda bantu share artikel ini.terima kasih

Teh Untuk Kesehatan Tubuh

Posted by muhamad robi Selasa, 16 September 2014 0 komentar

Teh Untuk Kesehatan Tubuh


Teh merupakan minuman yang sudah dikenal dengan luas di Indonesia dan di dunia. Minuman berwarna coklat ini umum menjadi minuman penjamu tamu.Aromanya yang harum serta rasanya yang khas membuat minuman ini banyak dikonsumsi. Selain kelebihan tadi, ada banyak zat yang memiliki banyak manfaat yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh.

Manfaat Teh Bagi Tubuh


Manfaat teh antara lain adalah sebagai antioksidan, memperbaiki sel-sel yang rusak, menghaluskan kulit, melangsingkan tubuh, mencegah kanker, mencegah penyakit jantung, mengurangi kolesterol dalam darah, melancarkan sirkulasi darah. Maka, tidak heran bila minuman ini disebut-sebut sebagai minuman kaya manfaat.

Jenis Kelompok Teh

Perbedaan kelompok dan penamaan teh dilakukan berdasarkan cara pemrosesan teh tersebut sebelum dan setelah dipetik dari pohon, yaitu:

~ Teh Hitam / Black Tea
Teh ini dalam pengolahannya melalui proses fermentasi penuh. Sering juga dikenal dengan nama teh merah.

~ Teh Oolong / Oolong Tea
Teh ini dalam pengolahannya melalui setengah proses fermentasi. Merupakan minuman favorit di Cina dan India.

~ Teh Hijau / Green Tea
Teh ini dalam pengolahannya tidak melalui proses fermentasi. Setelah daun teh dipetik langsung diolah. Memiliki khasiat yang paling baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teh hijau mampu menurunkan risiko terkena kanker. Mulai populer di Asia yaitu Cina dan Jepang.

~ Teh Putih

Teh ini dalam pengolahannya tidak melalui proses oksidasi. Saat di pohon, daun teh juga terlindung dari sinar matahari agar tidak menghasilkan klorofil atau zat hijau daun. Karena diproduksi lebih sedikit, harganya lebih mahal.


Zat dalam Secangkir Teh yang Bermanfaat


Karena itu selain sebagai minuman ringan, teh juga dapat digunakan sebagai terapi untuk kesehatan. Jika kita meminum secangkir teh, maka kita setidaknya tahu apa saja zat terbaik yang ada di dalam secangkir teh yang kita minum. Zat apa saja yang terdapat dalam teh sehingga membuatnya dikenal sebagai minuman kaya manfaat? Berikut ini beberapa zat utama yang bermanfaat yang terdapat di dalam secangkir teh.

Polifenol

Polifenol pada teh berupa katekin dan flavanol. Senyawa ini berfungsi sebagai antioksidan untuk menangkap radikal bebas dalam tubuh juga ampuh mencegah berkembangnya sel kanker dalam tubuh. Radikal bebas ada di tubuh kita karena lingkungan udara yang tercemar polusi dan juga dari makanan yang kita makan.

Vitamin E


Dalam satu cangkir teh mengandung vitamin E sebanyak sekitar 100-200 IU yang merupakan kebutuhan satu hari bagi tubuh manusia. Jumlah ini berfungsi menjaga kesehatan jantung dan membuat kulit menjadi halus.

Vitamin C

Vitamin ini berfungsi sebagai imunitas atau daya tahan bagi tubuh manusia. Selain itu vitamin C juga berfungsi sebagai antioksidan yang diperlukan untuk ketahanan tubuh manusia terhadap penyakit.

Vitamin A


Vitamin A yang ada pada teh berbentuk betakaroten merupakan vitamin yang diperlukan tubuh dapat tercukupi.


Jenis Teh


Zat-zat yang terdapat dalam teh sangat mudah teroksidasi. Bila daun teh terkena sinar matahari, maka proses oksidasi pun terjadi. Adapun jenis teh yang umumnya dikenal dalam masyarakat adalah teh hijau, teh Oolong (misalnya teh Jawa Oolung/Ulung), teh hitam dan teh putih. Teh hijau memiliki kandungan yang paling baik karena dalam proses pembuatannya, teh jenis ini tidak dikeringkan dengan menggunakan sinar matahari tetapi menggunakan teknik pengeringan secara khusus. Sedangkan teh jenis lainnya diproses dengan cara fermentasi.

Zat dalam Teh yang Kurang Baik

Selain manfaat teh, ada juga zat yang terkandung dalam teh yang berakibat kurang baik untuk tubuh. Zat itu adalah kafein. Kafein pada teh (tehine) dapat menyebabkan proses penyerapan makanan menjadi terhambat. Batas aman untuk mengkonsumsi kafein dalam sehari adalah 750 mg/hari atau setara dengan 5 cangkir teh berukuran 200 ml.


Patut Dihindari Saat Minum Teh

Ada pula yang harus Anda perhatikan saat Anda minum teh agar zat yang berguna dalam tubuh tidak hilang, antara lain:

> Jangan minum teh saat atau sesudah makan kerena zat yang terkandung dalam makanan dapat dicuri oleh zat stimulan teh.
> Jangan minum teh saat perut kosong sebab dapat meningkatkan produksi asam lambung.
> Hindari minum teh dicampur dengan gula karena menyebabkan zat-zat yang dikandungnya menjadi berkurang.
> Jangan minum teh yang sudah semalaman karena sudah banyak zat nya yang teroksidasi dan basi sehingga berdampak tidak baik untuk tubuh.
> Hindari minum teh saat hamil dan menyusui. Karena kafein dan zat stimulan pada teh bisa merangsang kontraksi rahim. Selain itu untuk ibu menyusui akan mengganggu produksi kelenjar penghasil susu ibu atau ASI.
 

Cara Menyeduh Teh

Yang tidak kalah dalam proses pembuatannya adalah cara menyeduh teh. Untuk menghindari kesalahan saat menyeduh teh, Anda harus memperhatikan cara menyeduh teh apakah sudah benar atau belum. Karena kesalahan ini dapat menyebabkan teh tidak memberikan manfaat bagi orang yang meminumnya. Untuk menyeduh teh, gunakan air mendidih bersuhu 80 derajat celcius, jangan menggunakan air dengan yang suhunya lebih tinggi dari 80 derajat karena dapat membuat kita kehilangan manfaat dari teh.

Selain itu, teh bisa dicampur dengan susu. Teh yang dicampur susu atau sering dikenal teh susu bisa mengurangi efek stimulan dari teh karena kalsium susu akan mengikat zat-zat stimulan pada teh.

Cara lain lagi adalah menambahkan lemon yang sering kita kenal dengan sebutan Lemon Tea. Lemon akan memberikan perlindungan bagi pencernaan, karena asam sitrat dalam lemon mencegah timbulnya kerak pada dinding usus.

Di seluruh dunia terdapat banyak sekali cara orang minum teh. Di Inggris, anggota Kerajaan Inggris memiliki kebiasaan minum secangkir teh setiap sore. Di belahan dunia lainnya kebiasaan minum teh juga dilakukan. Semua tergantung Anda dan kebiasaan di budaya Anda. Namun jangan lupa memperhatikan beberapa petunjuk yang telah disebutkan di atas saat meminum teh. Selamat menikmati secangkir teh!

Manfaat Luar Biasa Dari Buah Durian

Posted by muhamad robi Senin, 15 September 2014 0 komentar

Manfaat Luar Biasa Dari Buah Durian


Manfaat Luar Biasa Dari Buah Durian
Pasti untuk kita semua buah yang satu tidak asing lagi, buah dengan aroma yang sangat menyengat namun memiliki rasa yang sangat lezat, setidaknya itu menurut saya, karena banyak juga yang tidak menyukai buah dengan kulit yang berduri ini, jangankan mencicipinya, mereka yang pertama kali atau memang tidak menyukai buah durian saat mencium aromanya saja sudah merasa terganggu. Sampai-sampai saya pernah membaca artikel bahwa buah durian dilarang di negara tertentu karena aromanya tadi. Namun disini saya tidak akan membahas mengenai aroma/rasa buah durian, melainkan khasiat/manfaat buah ini. Manfaat buah durian bagi kesehatan antara lain:

1. Mencegah Penuaan Dini

Vitamin C yang terkandung dalam durian merupakan bahan baku pembuatan kolagen. Seperti kita ketahui bahwa kolagen adalah faktor penting dalam menjaga keremajaan kulit. Tak hanya itu, kolagen juga berperan penting dalam menjaga kesehatan pembuluh darah, tulang tendon, dan ligamen.

2. Mencegah Depresi

Kandungan vitamin B6 yang terdapat dalam buah durian juga dapat membantu memproduksi hormon serotonin. Hormon penting yang membuat suasana hati Anda menjadi lebih baik sehingga mencegah Anda dari risiko stres dan depresi.

3. Meningkatkan Kemampuan Otak

Sebuah studi yang dilakukan di Twickenham, London, Inggris, menyebutkan bahwa 200 pelajar diminta untuk mengonsumsi buah durian dalam jumlah cukup pada saat sarapan, istirahat, dan makan siang. Hasilnya, lebih dari 80 persen siswa mengalami peningkatan kemampuan otak dalam menyerap pelajaran dan lebih berkonsentrasi terhadap pelajaran yang diberikan.

4. Obat Tidur Alami

Bagi Anda yang susah tidur dan jarang mendapatkan tidur berkualitas, mungkin mengonsumsi durian bisa menjadi solusi alternatif yang tepat. Kandungan amino triptofan dalam durian dapat meringankan kecemasan, insomnia, dan menciptakan perasaan euforia dengan cara meningkatkan kadar serotonin pada otak. Serotonin merupakan zat penting untuk mengatur siklus tidur yang bekerja sama dengan zat lain yakni melatonin.

Tetapi hati-hati, buah durian dapat mengganggu kesehatan jika dikonsumsi berlebihan. Atau yang paling parah dapat mematikan jika dibarengi dengan minum minuman beralkohol. Agar buah durian dapat dirasakan manfaat sehatnya, cukup konsumsi 100-200 gr saja sekali makan.

Mencegah Resiko Kerusakan Jantung Dengan Makan Sambal Bawang

Posted by muhamad robi Jumat, 12 September 2014 0 komentar

Mencegah Resiko Kerusakan Jantung Dengan Makan Sambal Bawang Putih


Banyak orang tidak suka makan sambal bawang karena aromanya bikin bau napas tidak sedap. Namun di balik baunya yang menyengat, bawang putih sangat berkhasiat untuk mencegah kerusakan sel-sel jantung akibat penyumbatan pembuluh darah.

Bawang putih yang sering dipakai sebagai bumbu masak maupun campuran sambal bawang mengandung senyawa bernama dialilsulfat. Dalam sebuah penelitian, senyawa tersebut terbukti mampu melepaskan gas hidrogen sulfida yang berguna untuk melindungi sel-sel jantung.

Hidrogen sulfida sudah lama diketahui bisa melindungi jantung, namun pemanfaatannya tidak praktis karena harus diberikan melalui suntikan. Kandungan dialilsulfat dalam bawang putih memberikan harapan bahwa gas hidrogen sulfida bisa diberikan dengan lebih praktis, yakni dengan cara ditelan.

“Kami telah melakukan penelitian untuk menemukan sebuah obat yang bisa melepaskan hidrogen sulfida lewat rute oral (ditelan) sehingga tidak perlu disuntikkan lagi,” ungkap Prof David Lefer dari Emory University yang melakukan penelitian itu seperti dikutip dari Dailymail, Minggu (20/11/2011).

Percobaan yang dilakukan Prof Lefer memang masih terbatas pada tikus, namun hasilnya cukup menjanjikan. Sebagai simulasi serangan jantung, tikus-tikus itu diberi penyumbatan pembuluh darah selama kurang lebih 45 menit lalu diberi obat berisi dialilsulfat.

Dibandingkan tikus yang hanya disumbat pembuluh darahnya tanpa diberi obat apapun, tikus-tikus yang mendapat dialilsulfat lebih sedikit mengalami kerusakan sel-sel jantung. Tingkat kerusakan selama pembuluh darahnya tersumbat bisa dikurangi hingga 61 persen.

Secara alami, gas hidrogen sulfida juga diproduksi sendiri oleh tubuh dan dalam kadar yang cukup sangat berguna mencegah radang atau inflamasi pada sel-sel jantung. Namun pada jumlah yang berlebihan, gas ini juga bisa berakibat fatal yakni menyebabkan kematian.

Makanan Yang Membantu Detoksifikasi Tubuh

Posted by muhamad robi 0 komentar

Makanan Yang Membantu Detoksifikasi Tubuh


Apa itu detoksifikasi tubuh? Detoksifikasi merupakan suatu proses untuk membuang racun alias zat-zat berbahaya (Toxic) di dalam tubuh manusia. Racun atau zat-zat yang merugikan tibuh tersebut bersumber dari banyak sebab seperti makanan yang kita konsumsi, udara yang kita hirup dan lain sebagainya. Proses detiksifikasi pada tubuh sebenarnya telah terjadi secara alami melalui kemampuan tubuh manusia untuk membuang zat-zat berbahaya tersebut melalui keringat yang keluar dari pori-pori kulit, buang air kecil, maupun buang air besar. Meski tubuh telah dilengkapi dengan kemampuan detoksifikasi, namun ternyata ada banyak cara membantu proses detoksifikasi ini dengan mengkonsumsi makanan tertentu.

Makanan mengandung berbagai zat yang berbeda. Makanan yang berbeda juga memiliki zat yang berbeda pula tentu nya. Ada makanan yang memperlancar proses detoksifikasi tubuh, namun juga ada makanan yang justru menghambatnya. Berikut ini merupakan beberapa makanan yang mengandung zat yang dapat memperlancar proses detoksifikasi tubuh:

    > Air putih; air putih memang memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh manusia. Manfaat air putih yang begitu banyak ini justru malah kadang tidak diindahkan. Banyak orang lebih memilih mengkonsumsi obat dan suplement setiap hari namun kurang meminum air putih yang notabene mengandung zat yang melancarkan detoksifikasi tubuh dan juga proses metaolisme dalam tubuh manusia. Meminum air putih kurang lebih 2-3 liter dalam sehari membuat tubuh menjadi lebih bugar dan sehat, namun jangan meminum air putih pada saat makan. Minumlah setelah atau sebelumnya.

    > Sayuran Hijau; ada banyak sekali sayur-sayuran yang kita kenal. Ada banyak juga warna sayuran tersebut. Warna yang terlihat pada daun sayuran tersebut mencerminkan zat yang terkandung didalam nya. Nah sayuran yang mampu melancarkan proses detoksifikasi tubuh adalah sayur yang memiliki warna hijau. Sayuran berdaun hijau memiliki sifat alkali yang tinggi yang mampu membersihkan tubuh dari racun dan zat-zat berbahaya lainnya, selain itu sayuran hijau memiliki zat chlorella yang mana mampu meningkatkan kadar oksigen dalam darah.

    > Daun petreseli dan ketumbar; daun peterseli sering yang sering kita konsumsi ternyata banyak mengandung merkuri yang dapat dicerna dalam tubuh, selain itu tumbuhan ini juga mengandung banyak klorofil yang mana mampu meningkatkan kadar oksigen dalam darah. Begitu juga dengan ketumbar, keduanya memiliki sifat alkali seperti yang telah dijelaskan diatas.

    > Air jeruk nipis; air jeruk nipis juga mengandung alkali bagi tubuh, bahkan jauh lebih banyak manfaatnya. Air jeruk nipis sangat membantu hati dalam proses detoksifikasi tubuh. Kita tahu bahwa hati manusia memiliki peranan penting dalam menyaring racun yang masuk dalam tubuh.

    > Alpukat; seperti pada artikel kami sebelumnya tentang manfaat buah alpukat untuk kesehatan tubuh telah dijelaskan begitu banyak nya manfaat alpukat. Disana juga telah dijelaskan kandungan-kandungan yang ada pada buah ini. Buah alpukat mengandung banyak lemak dan Omega 3 yang mana mampu mengurangi peradangan dan melancarkan proses pencernaan. Mengkonsumsi buah ini secara tidak berlebihan akan membantu proses detoksifikasi tubuh.

Itulah beberapa makanan dan zat yang terkandung didalamnya yang mampu membantu proses detoksifikasi tubuh. Selain dengan memanfaatkan makanan atau zat-zat diatas, proses detoksifikasi tubuh juga dapat ditunjang dengan melakukan olahraga teratur yang mengeluarkan banyak keringat. Karena kita tahu bahwa hampir setengah dari racun yang ada pada tubuh dikeluarkan melalui pori-pori kulit. Selain olahraga, hal yang patut dicoba adalah dengan melakukan sauna yang juga mampu membantu detoksifikasi tubuh.

Demikian artikel kali ini mengenai detoksifikasi tubuh, banyak kurangnya kami mohon maaf dan semoga artikel kali ini bermanfaat bagi anda yang membaca.

Kandungan Dan Manfaat Buah Alpukan Bagi Kesehatan

Posted by muhamad robi Kamis, 11 September 2014 0 komentar

Kandungan Dan Manfaat Buah Alpukan Bagi Kesehatan

Alpukat atau Avocado merupakan buah yang berasal dari Amerika Tengah dan Meksiko. Ditempat asalnya buah dinamakan ahuacat oleh bangsa Aztek dan pasukan Spanyol mulai masuk pada abad ke 16 dan memperkenalkan ke bangsa Eropa. Buah alpukat memiliki bentuk yang lonjong membuat, memiliki kulit berwarna hijau tua sampai ungu kecoklatan. Daging buah alpukat memiliki tekstur yang sangat lembut dan memiliki warna hijau muda ( dekat kulit ) dan kuning ( dekat biji ).

Alpukat merupakan buah yang sangat enak untuk dikonsumsi, baik secara utuh maupun diolah menjadi makanan maupun minuman ( es campur, jus ). Buah alpukat juga memiliki banyak kandungan dan manfaat yang sangat banyak untuk kesehatan dan kecantikan yang sangat baik untuk kita. Berikut ini kandungan dan manfaat alpukat.
  •     ~ Kandungan lemak nabati yang tinggi dan tak jenuh bermanfaat untuk menurunkan kolesterol LDL ( kolesterol jahat ) sehingga dapat berguna untuk mencagah stroke, penyakit jantung, darah tinggi dan kanker. Kandungan lemak tak jenuh sangat mudah dicerna dan diolah tubuh sehingga bermanfaat secara maksimal dan lemak tak jenuh pada alpukat juga mengandung zat anti jamur dan anti bakteri. Kandungan lemak nabati tidak dapat menyebabkan seseorang menjadi gemuk, justru dengan manfaat lemak nabati tak jenuh ini mampu mengurangi nafsu makan.
  •     ~ Kandungan vitamin A dan E pada buah alpukat sangat baik untuk menghaluskan kulit, mengenyalkan kulit, menghilangkan kerutan dan membuat kulit tampak lebih muda.
  •     ~ Kandungan Krotenoid pada alpukat terdapat Vit A yang sangat baik untk kesehatan mata dan tubuh lainnya.
  •     ~ Kandungan asam oleat pada alpukat merupakan sumber antioksidan tinggi yang bermanfaat sebagai penangkal radikal bebas dan meningkatkan daya tahan tubuh.
  •    ~ Kandungan potasium dalam alpukat dapat mencegah pengendapat cairan dalam tubuh, menyeimbangkan elektrolit pada tubuh dan membantu menurunkan tekanan darah.
  •     ~ Kandungan Zat besi pada alpukat sangat baik untuk mencegah penyakit anemia.
  •     ~ Kandungan ektrak minyak buah alpukat sering dijadikan bahan produk kecantikan seperti pelembab, krim, shampo dan lainnya. Untuk pemakaian alami dapat dilakukan dengan menjadikannya sebagai masker.

Banyak manfaat kesehatan dan kecantikan yang didapatkan dari manfaat alpukat ini. Kandungannya yang kaya akan manfaat, wajib menjadi salah satu menu buah yang sering dikonsumsi.

Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan

Posted by muhamad robi Minggu, 07 September 2014 0 komentar

Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan

Siapa yang tidak kenal buah pisang ?, buah dengan warna kuning pada saat sudah masak ini adalah buah multi vitamin yang mengandung sumber energi (karbohidrat) dan mineral tinggi sehingga sangat baik dikosumsi untuk kesehatan. Sebagai informasi, buah pisang dalam bahasa latin disebut "Musa paradisiaca", buah ini disebut-sebut berasal dari negri jiran kita, yakni Malaysia.

Berbicara tentang buah pisang, tentunya penting bagi kita mengetahui Manfaat Pisang Bagi Kesehatan Tubuh. selain menambah daya tarik untuk mengkosumsi buah ini, mengetahui Manfaat Pisang Bagi Kesehatan Tubuh juga berguna sebagai penambah wawasan kita tentunya.

 Berikut Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan :


1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Manfaat Pisang Bagi Kesehatan yang pertama adalah untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Seperti yang kita ketahui, pisang mengandung multi vitamin, seperti vitamin C dan B6. Vitamin C sangat diperlukan dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh, Sedangkan vitamin B6 diperlukan tubuh untuk memproduksi antibody agat tubuh lebih kebal terhadap berbagai ancaman penyakit.

2. Mengatasi asam lambung


Manfaat Pisang Bagi Kesehatan yang selanjutnya adalah untuk menetralkan asam lambung, hal ini disebabkan karena buah pisang mengandung semacam zat yang mampu mengurangi efek keasaman dan juga iritasi pada sistem pencernaan (lambung). Maag sering terjadi saat anda telat makan atau sedang menjalankan program diet, dan pisang merupakan pilihan yang tepat untuk anda kosumsi pada saat sedang menjalankan program tersebut.

3. Mengatasi anemia

Manfaat Pisang Bagi Kesehatan yang berikutnya adalah untuk membantu mengatasi Animea (kurang darah). Buah pisang diketahui mengandung zat besi yang cukup tinggi. zat besi sangat diperlukan oleh tubuh dalam merangsang produksi hemoglobin (sel darah merah). Jadi bagi anda yang menderita anemia sebaiknya mengkonsumsi buah pisang ini secara rutin.

4. Mengatasi susah BAB

Manfaat Pisang Bagi Kesehatan seterusnya adalah untuk mengatasi susah Buang Air Basar (sembelit). bagi anda yang mempunyai masalah sembelit, sebaiknya rutin mengkosumsi buah pisang, karena buah pisang terkenal dengan kandungan seratnya yang tinggi, sehingga dapat membantu permasalahan anda.

5. Mencegah stroke dan mengatur tekanan darah


Manfaat Pisang Bagi Kesehatan lainnya adalah untuk Mencegah stroke dan mengatur tekanan darah. Kandungan kalium yang cukup tinggi pada buah pisang mampu menstabilkan tekanan darah. Dengan demikian, buah pisang ini juga mempunyai manfaat untuk mencegah penyakit stroke.

Demikian informasi tentang "Manfaat Pisang Bagi Kesehatan Tubuh", semoga informasi tersebut bermanfaat bagi kita semua.

Manfaat Teripang Emas Laut Bagi Kesehatan

Posted by muhamad robi Jumat, 05 September 2014 0 komentar

Manfaat Teripang Emas Laut Bagi Kesehatan


Teripang seperti yang sudah kita tahu memiliki banayak sekali kandungan khasiat dan manfaat yang berguna bagi kesehatan tubuh kita. Akan tetapi ada satu jenis tripang emas laut yang mempunyai keunikan dan hanya dimiliki oleh tripang jenis ini ,diman tripang jenis ini bernama Golden Stichopus Variegatus.Ada satu keunggulan dari tripang jenis ,yaitu memiliki kandungan Gamapeptide,kandungan ini tidak dimilki oleh jenis lain. Dimana kandungan ini berkhasiat untuk :

> Untuk untuk mengaktifkan pertumbuhan sel.
> Mampu meregenerasi sel dengan sangat cepat.
> sebagai anti inflamasi/peradangan
> Dapat mengurangi rasa nyeri bahkan di katakan memiliki anti analgesik 3 kali lebih kuat dari pada paracetamol (obat golongan analgesik-antipiretik/anti nyari dan anti panas).
> Memelihara sirkulasi darah agar tetap lancar.
> Meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Selain daripada itu juga didalam extra tripang ini juga mempunyai kandungan senyawa aktip biologi yang tinggi untuk memenuhi kebutuhan didalam tubuh kita.Kandungan tersebut diantaranya : Protein 86,8%, Kolagen 80,0%, Mineral, Mukopolisakarida, Glucasaminoglycans (GAGs), Antiseptik alamiah, Glucosamine dan Chondroitin, Saponin, Omega-3, 6, dan 9, Asam Amino, Lektin, Vitamin dan Mineral. Dari berbagai hasil penelitian yang dilakukan para pakar ilmuan mereka menyimpulkan tripang emas ini memiliki kandungan ” CELL GROWTH FACTOR ” atau faktor untuk meregenerasi sel,sehingga mampu merangsang regenerasi/pemulihan sel dan jaringan tubuh manusia yang telah rusak/sakit bahkan membusuk, sehingga menjadi sehat/pulih kembali.

Riset yang ditempuh Hassan Yacob merupakan penelitian pertama yang mengungkap khasiat gamat/teripang di Malaysia. Para peneliti mengungkap 11 asam amino pada teripang: miristat, palmitat, palmitoleat, stearat, oleat, linoleat, arakhsidat, eicosapentaenat, behenat, erusat, dan docosahexaenat. Asam lemak itulah yang mempercepat penyembuhan luka luar maupun dalam.

Kandungan Teripang Emas Untuk Tumor Dan Kanker

Menurut hasil riset dari AM Povov, peneliti di Institut Pasifik untuk Kimia Bioorganik Akademi ilmu Pengetahuan Rusia. Popov membuktikan teripang berefek sitotoksik alias pembunuh sel kanker berkat adanya kandungan glikosida seperti echinosin A dan B,holotoksin A1,holothurin A dan B , serta curucumariosida G1. Glikosida merupakan senyawa yang alami yang bersifat antitumor dan antikanker. Kandungan filinopsida A yang terkandung dalam teripang pun sangat ampuh untuk menekan pertumbuhan tumor dan mencegah pembentukan pembuluh darah mikro baru. Karena tidak mendapatkan pasokan nutrisi. Akibatnya sel tumor gagal berkembang biak dan mati.

Kandungan Teripang Emas Untuk Penyakit Pada Ginjal

Menurut pendapat yang dikemukakan oleh dr Muhammad Wahib Hasyim dari Pati,beliau mengungkapkan bahwa kandungan protein yang terkandung dalam ekstrak teripang sangat lengkap sehingga dapat membantu untuk meregenerasi sel-sel ginjal yang rusak. Selain itu juga dalam tripang terdapat senyawa fikosianin yang berperan aktip sebagai antioksidan dan bersifat renoprotektor atau pelindung ginjal. Kemampuan teripang yang dapat memperbaiki kembali jaringan rusak ditandai oleh nilai EPA alias ecosapentaenat 25,69% dan DHA asam docosahexaenat 3,69%. Dan senyawa-senyawa itulah yang membantu menormalkan kembali fungsi ginjal seperti sediakala.

Kandungan Teripang Emas Untuk Masalah Pada Lambung

Berdasarkan dari hasil penelitian di beberapa Universitas di Malaysia, ditemukan bahwa tripang emas sangat berkhasiat sebagai obat serbaguna dan sebagai antiseptik herbal. ini sangatlah baik karena dengan kolagen yang sangat tinggi ini sangat berkhasiat sekali mampu mengurangi permasalahan pada lambung dan juga bisa menyembuhkan luka pada lambung,serta mengatasi maag secara lebih efektip dan tepat. Dan dengan adanya protein yang sangat tinggi dan banyak, masalah pada gangguan pencernaan bisa dengan segera teratasi.

Kandungan Teripang Emas Untuk Masalah Sistem Pernafasan Dan Paru-Paru

Memliki kandungan antiseptik alamiah bernama mukopolisakarida ,yang dimana kandungan tersebut berkhasiat sangat mampu bertindak sebagai antiinflamasi / peradangan, antibakteri, antijamur, serta antivirus, sehingga kesemuanya tersebut bersatu-padu membunuh bakteri dan virus utama penyebab ganguan pada sistem pernafasan .Serta membuat saluran pernafasan yang tadinya tertutup menjadi terbuka kemabli dan berjalan secara normal kembali.

Kandungan Teripang Emas Untuk Masalah Tulang Dan Persendian

Tripang juga mengandung senyawa Chondrotin sulfat yaitu protein yang berperan aktip dalam pembentukan tulang rawan dan memiliki efek antiinflamasi atau peradangan.Serta membantu memperbaiki tulang rawan, sehingga saat terjadi gesekan ketika bergerak antara tulang rawan dan sendi tidak akan mengakibatkan rasa sakit. Serta kandungan Mucopolysacarida berperan dalam pemulihan dan antinflamasi. dari beberapa penelitian yang sudah dilakukan mengungkapkan bahwa mucopolysacarida dapat digunakan untuk menurunkan resiko atheroklerosis,dan sebagai bahan pembentuk tulang rawan serta mencegah terjadinya gangguan pada persendian.

Kandungan senyawa aktip biologi yang terkandung dalam tripang juga berkhasiat mampu memperkokoh tulang dan sendi. Kandungan kondroitin sulfat mencegah pengeroposan sendi pembuat radang. Senyawa itu memperbaiki dan membangun kembali tulang rawan, pembentuk sendi yang terkikis akibat kecelakaan, benturan, dan kelebihan bobot badan tanpa efek samping. Itu sebabnya pemerintah Australia dan Selandia Baru menganjurkan penggunaan teripang sebagai penyembuh penyakit persendian dibanding obat-obatan kimia

Serta masih banyak lagi khasiat untuk kesehatan lainnya,dan perlu anda tahu kini sekarang untuk merasakan langsung khasiat dari teripang emas tidak perlu lagi bingung untuk mencari nya.Karena kini sudah tersedia dan mudah didapat , itu semua terkandung di dalam Jelly Gamat Gold-G sebuah suplemen alami terbuat dari extra tripang emas laut.

Bagi Anda Yang Ingin Memesan Jelly Gamat Gold-G Anda Bisa Meng-KLIK Link Dibawah Ini !!!

Cara Pemesanan Jelly Gamat Gold-G

Menghindari Duduk Terlalu Lama Untuk Jantung Lebih Sehat

Posted by muhamad robi Kamis, 04 September 2014 0 komentar

Menghindari Duduk Terlalu Lama Untuk Jantung Lebih Sehat

Penelitian yang dilakukan di Amerika ini menganalisis data kesehatan selama 8 tahun pada 84.000 pria. Dr Deborah Rohm Young, seorang ilmuwan senior di Kaiser Parmanente, Pasadena, California, dan timnya melaporkan hasil penelitian tersebut pada jurnal Circulation: Heart Failure. Penelitian yang dilakukan menemukan bahwa pria yang berolahraga secara rutin, namun juga sering duduk terlalu lama, diketahui mengalami peningkatan risiko gagal jantung.

Tujuan dari penelitian tersebut adalah untuk melihat hubungan antara risiko gagal jantung dan waktu yang dihabiskan untuk duduk. Dr Young mengatakan, pesan dari temuannya tersebut adalah “Jadilah lebih aktif dan kurangilah duduk”.

Gagal jantung terjadi ketika jantung tidak dapat memompa cukup darah dan oksigen menuju organ tubuh lainnya. Ini tidak berarti jantung berhenti berdetak, namun bisa jadi ini adalah sebuah kondisi yang serius.

Menurut US Centers for Disease Control and Prevention, gagal jantung mempengaruhi lebih dari 5 juta orang di Amerika Serikat, dimana risiko kematian akan hal tersebut adalah 1 banding 9.

Duduk terlalu lama dikaitkan dengan risiko yang lebih tinggi terhadap gagal jantung, terlepas dari olahraga yang mereka lakukan. Pada penelitian ini, Dr Young dan rekan-rekannya menganalisis data pada kelompok ras yang beragam dari 84.170 orang. Para peserta berusia antara 45 hingga 69 tahun, dan tidak memiliki gagal jantung ketika mereka terdaftar dalam penelitian.

Selama penelitian yang membutuhkan waktu hampir 8 tahun, 3.473 peserta didiagnosis dengan gagal jantung. Untuk menilai tingkat aktivitas fisik, para peneliti menggunakan ukuran metabolic equivalent of task (METs), sebuah ukuran penggunaan energi tubuh. Sedangkan untuk lama waktu duduk menggunakan ukuran satuan jam.

Ketika para peneliti menganalisis data, mereka menemukan :

 > Pria yang duduk dalam waktu lama dengan aktivitas fisik yang paling rendah diketahui 52 persen lebih mungkin untuk terkena gagal jantung dibandingkan dengan mereka yang tingkat aktivitas fisiknya paling tinggi.

 > Terlepas dari seberapa banyak mereka berolahraga, pria yang duduk selama 5 jam atau lebih di luar waktu pekerjaan mereka adalah 34 persen lebih mungkin untuk mengembangkan gagal jantung.

 > Pria yang menghabiskan lebih dari 5 jam sehari untuk duduk di luar jam kerja namun setidaknya tetap berolahraga, mempunyai peluang dua kali lipat risiko gagal jantung dibandingkan mereka yang duduk kurang dari 2 jam sehari dan rutin berolahraga.

Karena peneliti tidak mengikutsertakan data wanita, mereka tidak bisa mengatakan apakah hasil tersebut juga bisa berlaku bagi wanita. Selain itu, keterbatasan lain dari penelitian ini adalah bahwa data hanya mencakup lama waktu duduk di luar pekerjaan saja.

Namun demikian, Dr Young mengatakan bahwa temuan mereka mendukung rekomendasi dari AHA (American Heart Association) yang mengatakan bahwa orang dewasa harus melakukan setidaknya olahraga aerobik selama 150 menit per minggu dengan intensitas sedang untuk mengurangi risiko gagal jantung dan penyakit kardiovaskular lainnya.

Sebelumnya, pada bulan Juni tahun 2013, para peneliti di Swedia juga mengungkapkan bahwa naiknya berat badan beberapa kilogram saja dapat meningkatkan risiko gagal jantung.

Mengatasi Demam Kejang Secara Sederhana

Posted by muhamad robi 0 komentar

Mengatasi Demam Kejang Secara Sederhana

Pada saat anak sakit, pikiran kuatir menjadi hal yang akan dialami oleh orang tua. Apalagi jika suhu anak meninggi dan demam, terlebih jika demam disertai dengan kejang-kejang. Demam kejang biasa terjadi pada sebagian anak. Sekitar 5% anak dari usia 6 bulan sampai 6 tahun mengalami hal ini, terutama jika orangtua memiliki riwayat kejang demam serupa sewaktu kecil. Anak yang mengalami kejang tentu akan membuat panik orang tua. Apa yang harus dilakukan apabila anak mengalami demam kejang?


Kejang demam adalah kejang yang terjadi ketika seorang bayi atau anak mengalami demam yang bukan disebabkan dari infeksi sistem saraf pusat. Kejang pada anak perlu mendapat perhatian karena kejang dapat terjadi berulang kali dan membahayakan. Jika anak terlalu sering mengalami kejang demam, hal ini dapat merusak sel-sel otak pada anak.

Jenis Kejang Demam

Berdasarkan lama terjadinya kejang dan seberapa sering terjadinya, kejang dibedakan menjadi:
  • Kejang Demam Sederhana

    Yaitu kejang yang terjadi pada seluruh tubuh dengan lama waktu terjadinya kejang kurang dari 10 menit dan tidak terjadi lagi dalam kurun waktu 24 jam.
  • Kejang Demam Kompleks

    Yaitu kejang lokal (tidak terjadi pada seluruh tubuh) yang biasa terjadi pada area lengan dan tungkai kaki. Kejang kompleks berlangsung selama lebih dari 10 menit dan terjadi lebih dari 1 kali dalam kurun waktu 24 jam.

Apakah Anak Saya Kejang Demam?

Apabila Anda menduga anak mengalami kejang, untuk memastikannya dapat dicoba dengan melakukan hal ini:
  • Jika anak dalam posisi lengan tertekuk pada siku, maka dengan perlahan coba luruskan lengan anak. Jika lengan dengan mudah dapat diluruskan berati anak tidak mengalami kejang.
  • Jika anak dalam posisi lengan lurus, maka coba secara perlahan tekuk lengan anak. Jika dengan mudah dapat ditekuk berarti anak tidak mengalami kejang.
  • Sebaliknya, jika lengan sulit diluruskan atau sulit untuk ditekuk, kemungkinan besar anak mengalami kejang.

Tips Hadapi Kejang Demam

Berikut ini beberapa tips yang sudah terbukti untuk menghadapi anak kejang:
  • Panik adalah hal yang akan dialami jika orangtua anak mereka mengalami kejang. Namun, kepanikan tidak membuat keadaan lebih baik. Untuk menghadapi anak yang mengalami kejang, lakukan hal berikut:
  • Tenangkan diri Anda.
  • Jika anak dalam posisi tidur telentang, miringkan tubuh anak ke salah satu sisi.
  • Jangan memberikan minuman apapun pada saat anak mengalami kejang karena minuman dapat menyebabkan cairan masuk ke dalam paru-paru.
  • Jika ada, berikan obat untuk meredakan kejang untuk pertolongan pertama. Obat ini biasa dimasukkan melalui dubur. Jika anak Anda pernah mengalami kejang, tanyakan pada dokter obat untuk meredakan kejang tersebut dan selalu siapkan persediaan obat di rumah.
  • Bawa segera ke tempat pelayanan kesehatan seperti klinik atau rumah sakit agar dapat segera ditangani.

Pengobatan Asam Urat Yang Alamiah Namun Sangat Efektif

Posted by muhamad robi Rabu, 03 September 2014 0 komentar

Pengobatan Asam Urat Yang Alamiah Namun Sangat Efektif


Asam Urat adalah penyakit yang  menimbulkan rasa yang sangat nyeri hingga  susah untuk bergerak, tentu saja hal ini sangat mengganggu penderitanya.  Sebelum membahas cara mengobati asam urat secara alami  maka perlu kiranya diketahui apa sebenarnya penyebab penyakit yang banyak dikeluhkan masyarakat saat ini.
 
Asam urat disebabkan adanya kandungan zat purin yang berlebihan didalam tubuh. Salah satu faktornya adalah terlalu banyak mengkonsumsi daging karena zat ini banyak di hasilkan dari daging-dagingan.  Jika jumlah purin dalam tubuh terlalu banyak maka purin yang tidak di terpakai pada akhirnya akan di ubah menjadi asam urat dalam jumlah besar.

Selain itu faktor makanan atau minuman yang mengandung karbohidrat, protein dan selulosa yang masuk kedalam tubuh akan melalui proses kimiawi untuk menghasilkan energi, jika sumber energi terlalu banyak mengandung purin maka asam urat akan menumpuk.

Gejala-gejala asam urat


Umumnya asam urat selau ditandai dengan nyeri sendi, kesemutan. Rasa nyeri biasanya terjadi di pagi dan malam hari secara berulang-ulang. Bagian tubuh yang sering adalah daerah jari kaki, tangan, lutut, tumit, pegelangan tangan dan siku, bila sudah parah persendian akan terasa sangat sakit saat akan bergerak.

Hal Yang Harus Dihindari Penderita Asam Urat

Sebelum mengobati sebaiknya anda juga harus tahu pantangan atau hal-hal yang harus dihindari jika anda penderita asam urat. Daging organ dalam hewan seperti Jeroan,babat, usus paru dan lain-lain harus dihindari. Demikianjuga makanan buatan seperti Abon, dendeng, makan kalengan, dading sapi, kambing, kuda, bebek. Kacang-kacangan seperti kedelai, kacang tanah, kacang hijau, emping, kangkung, buncis,kubis, bayam, daun singkong, daun pepaya, es krim, keju, telur makanan yang banyak mengandung protein dan lemak. Semua makanan diatas harus sebisa mungkin dihindari kalau ingin terbebas dari asam urat.

Cara Yang Alami Mengobati Asam Urat

Secara umum sangat dianjurkan mengkonsumsi air putih yang banyak karena air putih dapat membantu mengeluarkan kristal asam urat dari dalam tubuh. Demikian juga makanan seperti kentang, yoghurt, sereh, labu kuning, sawi putih,  tomat pisang, jeruk, strawberry, buah naga, belimbing wuluh, jahe, dan makanan yang mengandung karbohidrat seperti nasi, singkong, ubi dan roti juga dianjurkan.

Adapun Resep Alami Untuk Mengobati Asam Urat Sebagai Berikut :

 
1. Resep ubi jalar merah
Bahan:


200 g ubi jalar merah
5 butir cengkeh
1 buah biji pala
1 ruas jari kayu manis
15 g jahe merah
5 butir kapolaga
10 butir merica dan gula merah secukupny
rebus semua bahan diatas dengan air 1 ½ L air. entaskan setelah air tinggal menjadi ½ L. Setelah itu minum airnya 2 kali sehari dan ubinya juga bisa di makan.

 
2.Pare
1 buah pare mentah buang bijinya lalu cuci bersih dan potng-potong rebus dengan 2 gelas hingga menjadi 1 gelas lalu minum airnya sehari 1 kali.

 
3. Daun salam
Ambil 10 lembar daun salam segar rebus dengan 2 gelas air hingga menjadi 1 gelas lalu minum 2 kali sehari.

 



Demikian semua hal tentang penyakit asam urat,sebab,gejala serta cara alami pengobatannya. Saatnya menjaga kesehatan agar kita bisa beraktivitas dengan baik tanpa gangguan asam urat.

Tips Perawatan Kulit Dengan 7 Herbal Alami

Posted by muhamad robi Senin, 01 September 2014 0 komentar

Tips Perawatan Kulit Dengan 7 Herbal Alami


Penggunaan herbal untuk membantu menjaga kesehatan kulit sudah dikenal sejak lama dan hingga sekarang masih terus digunakan. Tidak hanya menyembuhkan, tetapi juga memperindah dan melindungi kulit dari kerusakan, kekeringan, peradangan, jerawat dan proses penuaan. Berikut ini adalah tujuh bahan herbal alami untuk menjaga kesehatan kulit.

1. Lidah buaya
 
lidah buayaLidah buaya (aloe vera) memiliki sifat-sifat penyembuhan yang sudah dikenal selama lebih dari 1.000 tahun. Gel lidah buaya yang diaplikasikan ke kulit berfungsi sebagai pelembab, disinfektan dan merangsang proses regenerasi. Bila kulit Anda memar atau berjerawat, lidah buaya dapat mengurangi peradangan dengan menghambat pembentukan hormon bradikinin dan prostaglandin. Selain itu, karena memiliki efek tabir surya, lidah buaya juga dimanfaatkan sebagai aditif dalam produk-produk tabir surya.

2. Minyak zaitun
 
buah zaitunMinyak zaitun diperoleh dari buah pohon zaitun (Olea Europaea) yang diperas dengan suhu maksimum 40° Celcius. Karena rasa dan manfaat kesehatannya, minyak berwarna kuning keemasan ini tidak hanya digunakan dalam produk kosmetik, tetapi juga dipakai dalam masakan. Untuk kosmetik, minyak zaitun dapat digunakan sebagai minyak mandi atau dioleskan sebagai pelembab di bagian kulit yang kering seperti di wajah, siku dan kaki untuk membantu kulit mendapatkan kembali keseimbangan minyak alaminya. Bila dikombinasikan dengan cuka dan air dalam proporsi yang sama, minyak zaitun dapat melembutkan kulit Anda. Cuka berperan mencerahkan warna kulit dan membantu pengelupasan kulit.

Minyak zaitun memiliki asam lemak tak jenuh tunggal, polifenol, dan vitamin E yang melindungi kulit dari kerusakan oleh radikal bebas. Oleh karena itu, penerapan minyak zaitun di kulit dapat memperlambat tanda-tanda penuaan (mengurangi garis-garis keriput), mencegah kanker kulit dan mengurangi kerusakan yang disebabkan oleh paparan sinar matahari.

3. Minyak Chamomile
 
Bunga chamomile kering adalah obat tradisional yang dikenal sejak zaman Mesir, Yunani dan Romawi kuno (biasanya dikonsumsi sebagai teh). Popularitas chamomile berkembang di sepanjang Abad Pertengahan, ketika digunakan sebagai obat untuk berbagai masalah medis seperti asma, kolik, demam, radang, mual, keluhan saraf, penyakit kulit dan kanker. Chamomile mungkin adalah obat terpopuler saat itu. Penelitian terbaru telah mengidentifikasi sifat chamomile sebagai anti-inflamasi, anti-bakteri, anti-alergi dan obat penenang, yang menguatkan reputasi lamanya tersebut.

Ada dua jenis chamomile: chamomile Romawi (Chamaemelum nobile) dan chamomile Jerman/ chamomile biru (Matricaria recutica). Minyak esensial yang diekstrak dari kedua varietas tersebut memiliki perbedaan dalam komposisi dan sifat. Minyak Chamomile Romawi lebih bersifat menenangkan, sehingga banyak dipakai untuk aromaterapi. Chamomile Jerman adalah anti inflamasi yang sangat kuat karena adanya senyawa yang disebut azulene (senyawa nitrogen yang memberikan warna biru khas). Azulene membantu untuk mengurangi pembengkakan dan membersihkan pori-pori dari kotoran. Selain itu, minyak Chamomile Jerman juga mengandung alpha-bisabolol yang mempromosikan granulasi dan regenerasi jaringan sehingga secara luas digunakan untuk masalah kulit seperti ruam, jerawat, eksim, psoriasis, kulit sensitif dan kondisi alergi.

4. Minyak Almond
 
Pohon almond telah dibudidayakan sejak sekitar 4.000 tahun yang lalu. Ada dua jenis almond: almond manis dan pahit. Untuk perawatan kulit, yang terutama dipakai adalah minyak almond manis (Prunus dulcis). Minyak ini diekstrak dari buah pohon almond dengan tekanan pada suhu dingin. Minyak almond berwarna kekuningan, tidak berbau dan cocok untuk perawatan masalah kulit. Penggunaannya terutama sebagai dasar atau aditif dalam kosmetik. Kandungan asam lemak tak jenuh seperti asam linoleat pada minyak almond membuat kulit lebih tahan terhadap infeksi dan memberikan perlindungan dari ultraviolet. Asam palmitat di dalamnya memastikan bahwa minyak almond meresap dengan baik di dalam kulit sehingga cocok sebagai pelembab dan penghalus kulit. Selain itu, kandungan Vitamin E-nya berperan sebagai antioksidan.

5. Teh hijau

 
Teh hijau (Camellia sinensis) telah diminum sejak 5.000 tahun yang lalu. Tidak seperti pada teh hitam, enzim tanaman pada teh hijau tidak dilemahkan dengan pemanasan langsung setelah dipetik. Teh hijau mengandung tanin, polifenol, kafein dan fluoride.Ekstrak teh hijau dengan konsentrasi dua persen sudah cukup untuk melindungi kulit terhadap radikal bebas. Ekstrak teh hijau digunakan dalam produk-produk kosmetik untuk penuaan kulit dan perlindungan UV (tabir surya).

6. Minyak Argan

Minyak Argan berasal dari biji pohon argan (Argania spinosa). Pohon itu hanya tumbuh di daerah terbatas di Maroko. Sejak tahun 1998, daerah tersebut dinyatakan sebagai Cagar Biosfer UNESCO. Minyak Argan yang berwarna kuning emas beraroma sangat harum, sehingga banyak digunakan dalam industri makanan dan kosmetik. Untuk mendapatkan minyak biang, biji argan harus dipanggang dan kemudian ditekan dalam suhu dingin. Minyak ini sangat mahal. Untuk tujuan kosmetik, minyak juga dapat diperoleh dengan campuran pelarut organik yang lebih murah.Minyak argan terutama digunakan untuk mengurangi keriput karena mengandung beberapa zat yang efektif melawan penuaan kulit: asam linolenat yang mempromosikan pembaruan sel-sel kulit dan mendukung proses imunologi, squalene yang melindungi terhadap kanker dengan menetralisir radikal bebas dan radiasi UV, dan tokoferol yang berefek anti-inflamasi dan juga antioksidan.

7. Bengkoang

Last but not least, bahan alami untuk perawatan kulit lainnya adalah bengkoang (Pachyrhizus erosus). Umbi tanaman ini telah secara turun-temurun digunakan di Indonesia sebagai masker, lulur, pembersih wajah, dan pelembab. Kandungan air bengkoang yang tinggi memiliki efek melembabkan, merelaksasi dan menyegarkan kulit wajah.Seperti bahan alami lain yang bermanfaat bagi kulit, bengkuang mengandung antioksidan vitamin C, flavonoid, dan saponin yang berperan mencegah kerusakan kulit oleh radikal bebas. Bengkoang juga memiliki manfaat lain sebagai pemutih, berkat zat fenolik di dalamnya yang menghambat proses pembentukan melanin (pigmentasi) akibat sinar UV matahari, bekas jerawat atau efek samping kosmetik.