Jenis Penyakit Degetatif Yang Harus Diwaspadai

Posted by muhamad robi Kamis, 19 Februari 2015 0 komentar

Jenis Penyakit Degetatif Yang Harus Diwaspadai


Penyakit degeneratif merupakan istilah medis yang digunakan untuk menjelaskan suatu penyakit yang muncul akibat adanya proses penurunan fungsi sel-sel dalam tubuh.  Penyakit ini tidak menular, namun cukup berbahaya dan kasusnya terus meningkat setiap tahun. Ditenggarai kelompok penyakit ini berkaitan erat dengan genetik, usia, dan gaya hidup.
  • Hipertensi

Hipertensi (Hypertension) atau istilah umumnya tekanan darah tinggi adalah keaadaan di mana tubuh seseorang mengalami peningkatan tekanan darah hingga melewati batas normal. Nilai tekanan darah dapat diketahui dari pengukuran dengan menggunakan alat pengukur tekanan darah. Nilai normal tekanan darah setiap orang berbeda-beda. Tergantung berat badan, tinggi badan, aktivitas dan lainnya.
  • Stroke

Stroke merupakan penyakit degeneratif yang banyak menyerang masyarakat modern dewasa ini. Penyakit berbanding lurus dengan perkembangan gaya hidup instan di masyarakat. Menurut data dari Yayasan Stroke Indonesia (Yastroki), jumlah penyandang stroke di Indonesia terus mengalami peningkatan dalam sepuluh tahun terakhir. Yang lebih mengejutkan lagi, penyakit ini rata-rata menyerang generasi muda pada usia produktif. Hal ini tentu saja akan menurunkan produktifitas yang pada akhirnya akan mengganggu kestabilan finansial keluarga.

  • Diabetes Mellitus

Diabetes Mellitus (DM), lebih dikenal dengan istilah penyakit kencing manis. Ini merupakan bentuk kelaianan metabolis yang disebabkan oleh banyak faktor, seperti hiperglisemia kronis dan gangguan metabolisme karbohidrat, lemak dan protein.
  • Kanker

Kanker adalah penyakit yang dicirikan dengan adanya kelaianan siklus sel khas yang menimbulkan kemampuan sel untuk berkembang biak diluar kendali (pembelahan sel yang melebihi batas normal), menyerang jaringan di sekitarnya dan bermigrasi ke jaringan tubuh lain melalui sirkulasi darah. Sel kanker sangat berbahaya bagi tubuh. Sebagian besar sel kanker membentuk tumor, namun beberapa tidak, seperti pada leukimia.
  • Osteoporosis

Osteoporosis istilah umumnya adalah kerapuhan tulang. Terjadi karena massa tulang yang menurun yang disertai dengan penurunan kualitas jaringan tulang. Osteoporosis tahap primer lebih sering menyerang wanita paska menopouse dan pria usia lanjut. Adapun penyebab terjadinya osteoporosis, antara lain;
  • Kekurangan estrogen yang menyebabkan osteoporosis postmenopausal. Hormon estrogen merupakan hormon utama pada wanita yang berfungsi membantu mengatur pengangkutan kalsium ke dalam tulang pada wanita.
  • Kurang kalsium dalam tulang, biasanya terjadi pada usia lanjut.
  • Obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan kerapuhan pada tulang.

  • Obesitas

Istilah umum obesitas adalah kegemukan atau kelebihan berat badan. Seseorang dikatakan mengalami obesitas ketika memiliki berat badan 20% lebih tinggi dari nilai tengah kisaran berat badan normal. Secara umum, obesitas dibedakan menjadi tiga kelompok;
  1. Obesitas ringan; kelebihan berat badan 20-40% dari berat badan normal.
  2. Obesitas sedang; kelebihan berat badan 41-100% dari berat badan normal.
  3. Obesitas berat; kelebihan berat badan lebih dari 100% berat badan normal.

  • Dislipidemia

Dislipidemia merupakan kondisi di mana terjadinya kenaikan kadar kolesterol total, kolesterol LDL (Low Density Lipoprotein), dan trigliserida yang disertai dengan penurunan kolesterol HDL (High Density Lipoprotein). Penyakit ini disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain:
  • Supan lemak yang tinggi.
  • Faktor keturunan atau riwayat penyakit keluarga.
  • Konsumsi alkohol.
  • Kelebihan hormon estrogen
  • obat-obatan tertentu.



Artikel Menarik Lainnya :

0 komentar:

Poskan Komentar