10 Khasiat dan Manfaat Daun Pepaya Bagi Manusia

Posted by muhamad robi Kamis, 23 Oktober 2014 0 komentar

10 Khasiat dan Manfaat Daun Pepaya Bagi Manusia


Buah pepaya yang sudah masak selain mudah didapatkan, enak dimakan, dan dijadikan sebagai pencuci mulut sehabis makan juga mempunyai manfaat sebagai pensuplai nutrisi/gizi terutama vitamin A dan C. Bukan buahnya saja, ternyata pepaya mulai daun hingga akarnya mempunyai 1001 manfaat yang masih belum begitu jamak kita ketahui. Oleh karena itu, dalam kesempatan kali ini admin akan berbagi wawasan seputar manfaat salah satu dari beberapa bagian pepaya, yaitu daunnya.


Seperti dilansir dalam laman Warintek Ristek yang bersumber dari PDII LIPI (Pusat Dokumentasi dan Informasi Ilmiah – Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia). Beberapa manfaat daun pepaya di antaranya :

~ Mengobati Jengkolan
Jengkolan merupakan masalah susah buang air biasanya terjadi ketika terlalu banyak mengkonsumsi jengkol. Cara mengobatinya yaitu, Ambil 1/2 tangkai daun pepaya, 10 lembar daun kacang panjang, dan 6 tangkai daun singkong cuci lalu tumbuk hingga halus. Kemudian tambahkan 1/2 cangkir air masak (matang), campur semua bahan lalu diperas dan disaring. Minum 2 kali sehari dengan tambahan 1 sendok madu.

~ Merangsang nafsu makan

Selain daun mudanya enak dibuat lalapan, ternyata ada manfaat lain yaitu menambah nafsu makan. Caranya, ambil sehelai daun pepaya, jangan lupa dicuci lebih dulu biar steril. Kemudian lumatkan, beri garam dan air sedikit demi sedikit kira-kira 1/4 gelas, lalu peras. Selanjutnya, minum airnya sekaligus.

~ Mengatasi Keputihan
Cuci sehelai daun pepaya, iris tipis / halus, campur dengan 50 gram akar alang-alang yang bersih dan pulasari. Kemudian campuran tadi direbus sampai mendidih dengan 1,5 liter air. Jika sudah, saring lalu sehari sekali minum 1 gelas.

~ Melancarkan Haid
Untuk sobat-sobat cewek yang sering mengalami haid tidak lancar, manfaatkan 2 helai daun pepaya yang sudah dicuci, tumbuk halus sambil diberi 1/4 gelas air, peras, beri garam. Minum sekaligus 1 kali sehari.

~ Melancarkan ASI
ASI lancar menjadi dambaan bagi setiap ibu yang mempunyai balita. Nah, bagi sobat ibu-ibu yang mempunyai masalah ASI tidak lancar silakan mencoba ramuan berikut. Ambil beberapa helai daun pepaya yang sudah dicuci, layukan di atas api. Sementara masih hangat taruh di sekeliling payudara.

~ Mencegah Demam Nifas
Sehelai daun pepaya muda dicuci, iris-iris, rebus dengan gula aren dan segelas air sampai airnya tinggal 1/2. Minum sekaligus segera setelah melahirkan selama 2 hari berturut-turut.

~ Malaria dan Demam
Tumbuk daun pepaya muda hingga menjadi 1/2 gelas, tambahkan air 3/4 gelas dan garam, peras, saring. Minum 3 kali sehari; lakukan 5 hari berturut-turut.

~ Mengobati Flu
Bagi sobat yang terserang flu manfaatkan 2-3 helai daun pepaya muda, cuci, lumatkan, peras, lalu beri garam. Minum 2 kali sehari untuk anak-anak, dan 4 kali sehari untuk dewasa.

~ Menghilangkan Jerawat
Untuk mengatasi jerawat yang menyerang wajah kita, cari 2-3 helai daun pepaya yang sudah tua lalu jemur, lumatkan daun pepeya yang sudah dijemur tadi sambil diberi air, peras. Selanjutnya, oleskan sarinya pada jerawat.

~ Mengeluarkan pecahan kaca
Beberapa daun pepaya dicuci, lumatkan, beri garam. Oleskan pada kulit yang terkena pecahan kaca, balut. Pecahan kaca akan keluar dan luka akan mengering.

Itulah tadi wawasan singkat tentang beberapa Khasiat Daun Pepaya untuk beberapa masalah kesehatan yang bisa admin sajikan. Terima kasih atas kunjungannya dan membaca berbagai Tips dan Info Kesehatan di blog sederhanan ini. Sampai ketemu lagi di lain waktu!

0 komentar:

Poskan Komentar