5 Manfaat Rebung Bagi Kesehatan

Posted by Unknown Kamis, 16 Oktober 2014 0 komentar

5 Manfaat Rebung Bagi Kesehatan

Rebung berasal dari tunas bambu yang menawarkan cita rasa unik ketika disajikan sebagai menu makanan, salah satunya adalah Lumpia Semarang memakai rebung sebagai bahan utama. Usut punya usut, rebung tak hanya lezat di lidah, tetapi memberi sejumlah khasiat hebat bagi kesehatan tubuh. Mungkin masih banyak masyarakat Indonesia tak mengetahui persis manfaat rebung untuk kesehatan seperti yang terungkap pada artikel ini :

> Peningkat Kadar HDL

Menurut penelitian pada ahli nutrisi,wanita yang mengonsumsi rebung selama enam hari berturut-turut mengalami penurunan kadar kolesterol jahat (LDL) sebanyak 16,1 mg/dl. Hasil positif itu berbanding terbalik dari wanita yang tidak mengonsumsi rebung. Ini merupakan kabar gembira bagi mereka yang ingin menurunkan kadar kolesterol jahat secara alami tanpa efek samping medis.

> Sumber Serat
Menurut hasil studi para ahli gizi yang tertuang dalam jurnal nutrisi, wanita yang rajin mengonsumsi rebung lebih lancar buang air besar tanpa terkena masalah pencernaan seperti sembelit, fakta ini berbanding terbalik dari wanita yang tidak makan rebung. Buang air besar lebih lancar karena kadar serat rebung tergolong tinggi. Selain kaya serat, rebung merupakan makanan sehat rendah kalori yang bantu mencegah sembelit akibat kurang serat. Ini dia manfaat rebung untuk kesehatan saluran pencernaan.

> Rendah Kalori

Mengonsumsi makanan rendah kalori dan kaya serat sangat dianjurkan bagi mereka yang ingin menjalani pola makan sehat. Setiap 100 gram mengandung 27 kalori! Tak heran bila rebung dianggap sebagai sayuran sempurna untuk menu makan sehat, apalagi ditunjang kadar serat yang tinggi. Serat membuat perut tidak cepat terasa lapar, mengurangi hasrat ngemil yang mengandung kalori tak terkendali.

> Pengendali Tekanan Darah

Kandungan potassium rebung tergolong tinggi, itu merupakan mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menurunkan kadar tekanan darah. Menurut hasil studi para ahli nutrisi, satu cangkir penuh rebung akan memenuhi seperlima kebutuhan potassium harian yang diperlukan oleh tubuh. Ini dia manfaat rebung untuk kesehatan para penderita hipertensi.

> Anti-Peradangan & Antioksidan

Rebung mengandung sifat anti peradangan dan antioksidan karena kaya akan phenolic acids. Sifat anti peradangan memegang peranan penting dalam mengurangi resiko beragam jenis penyakit kronis yang membahayakan kesehatan, salah satunya adalah penyakit jantung atau kardiovaskular.

Total ada lima manfaat rebung untuk kesehatan tubuh yang baik untuk jantung, tekanan darah, kolesterol hingga saluran pencernaan. Rebung bisa disajikan ke berbagai jenis menu makanan, biasanya dibuat sebagai bahan campuran sayur lodeh. Harganya tergolong murah, tapi khasiatnya luar biasa.

0 komentar:

Posting Komentar