Makanan Yang Membantu Detoksifikasi Tubuh

Posted by muhamad robi Jumat, 12 September 2014 0 komentar

Makanan Yang Membantu Detoksifikasi Tubuh


Apa itu detoksifikasi tubuh? Detoksifikasi merupakan suatu proses untuk membuang racun alias zat-zat berbahaya (Toxic) di dalam tubuh manusia. Racun atau zat-zat yang merugikan tibuh tersebut bersumber dari banyak sebab seperti makanan yang kita konsumsi, udara yang kita hirup dan lain sebagainya. Proses detiksifikasi pada tubuh sebenarnya telah terjadi secara alami melalui kemampuan tubuh manusia untuk membuang zat-zat berbahaya tersebut melalui keringat yang keluar dari pori-pori kulit, buang air kecil, maupun buang air besar. Meski tubuh telah dilengkapi dengan kemampuan detoksifikasi, namun ternyata ada banyak cara membantu proses detoksifikasi ini dengan mengkonsumsi makanan tertentu.

Makanan mengandung berbagai zat yang berbeda. Makanan yang berbeda juga memiliki zat yang berbeda pula tentu nya. Ada makanan yang memperlancar proses detoksifikasi tubuh, namun juga ada makanan yang justru menghambatnya. Berikut ini merupakan beberapa makanan yang mengandung zat yang dapat memperlancar proses detoksifikasi tubuh:

    > Air putih; air putih memang memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh manusia. Manfaat air putih yang begitu banyak ini justru malah kadang tidak diindahkan. Banyak orang lebih memilih mengkonsumsi obat dan suplement setiap hari namun kurang meminum air putih yang notabene mengandung zat yang melancarkan detoksifikasi tubuh dan juga proses metaolisme dalam tubuh manusia. Meminum air putih kurang lebih 2-3 liter dalam sehari membuat tubuh menjadi lebih bugar dan sehat, namun jangan meminum air putih pada saat makan. Minumlah setelah atau sebelumnya.

    > Sayuran Hijau; ada banyak sekali sayur-sayuran yang kita kenal. Ada banyak juga warna sayuran tersebut. Warna yang terlihat pada daun sayuran tersebut mencerminkan zat yang terkandung didalam nya. Nah sayuran yang mampu melancarkan proses detoksifikasi tubuh adalah sayur yang memiliki warna hijau. Sayuran berdaun hijau memiliki sifat alkali yang tinggi yang mampu membersihkan tubuh dari racun dan zat-zat berbahaya lainnya, selain itu sayuran hijau memiliki zat chlorella yang mana mampu meningkatkan kadar oksigen dalam darah.

    > Daun petreseli dan ketumbar; daun peterseli sering yang sering kita konsumsi ternyata banyak mengandung merkuri yang dapat dicerna dalam tubuh, selain itu tumbuhan ini juga mengandung banyak klorofil yang mana mampu meningkatkan kadar oksigen dalam darah. Begitu juga dengan ketumbar, keduanya memiliki sifat alkali seperti yang telah dijelaskan diatas.

    > Air jeruk nipis; air jeruk nipis juga mengandung alkali bagi tubuh, bahkan jauh lebih banyak manfaatnya. Air jeruk nipis sangat membantu hati dalam proses detoksifikasi tubuh. Kita tahu bahwa hati manusia memiliki peranan penting dalam menyaring racun yang masuk dalam tubuh.

    > Alpukat; seperti pada artikel kami sebelumnya tentang manfaat buah alpukat untuk kesehatan tubuh telah dijelaskan begitu banyak nya manfaat alpukat. Disana juga telah dijelaskan kandungan-kandungan yang ada pada buah ini. Buah alpukat mengandung banyak lemak dan Omega 3 yang mana mampu mengurangi peradangan dan melancarkan proses pencernaan. Mengkonsumsi buah ini secara tidak berlebihan akan membantu proses detoksifikasi tubuh.

Itulah beberapa makanan dan zat yang terkandung didalamnya yang mampu membantu proses detoksifikasi tubuh. Selain dengan memanfaatkan makanan atau zat-zat diatas, proses detoksifikasi tubuh juga dapat ditunjang dengan melakukan olahraga teratur yang mengeluarkan banyak keringat. Karena kita tahu bahwa hampir setengah dari racun yang ada pada tubuh dikeluarkan melalui pori-pori kulit. Selain olahraga, hal yang patut dicoba adalah dengan melakukan sauna yang juga mampu membantu detoksifikasi tubuh.

Demikian artikel kali ini mengenai detoksifikasi tubuh, banyak kurangnya kami mohon maaf dan semoga artikel kali ini bermanfaat bagi anda yang membaca.

0 komentar:

Posting Komentar